Buku: Aceh Wildlife

Saya mengenal Azhar (penulis buku ini) dari berbagai pertemuan khususnya mengenai Badak Jawa, Badak Sumatra, serta berbagai spesies penting yang ada di Aceh.  Kami sering berdiskusi mengenai metode dan pendekatan survey Badak serta biodiversity hutan Sumatera dan beberapa kali pernah terlibat langsung bersamanya dalam pelaksanaan survey Badak Sumatra di Aceh dan Lampung.

Semangat Azhar dalam menyelamatkan spesies selalu tertuang dalam tulisannya yang sering distribusikan melalui email internal WWF Indonesia dan juga melalui email dalam beberapa mailing list. Berdasarkan pengamatan saya, berbagai tulisannya terfokus kepada spesies kunci di Aceh seperti Harimau, Gajah, Orangutan dan Badak Sumatra. Oleh karenanya saya menyambut baik lahirnya buku ini sebagai dokumentasi dari wawasan, aspirasi, dan semangat Azhar. 

Buku ini merupakan suatu kompilasi dari banyak artikel yang ditulisnya dan ditambah beberapa tulisan yang belum pernah dipublikasi. Buku ini diharapkan dapat menjadi tulisan yang gampang dicerna dengan opini pendek dan pembahasan kritis,  namun berkisaran luas dari persoalan konservasi species kunci di Aceh dan Sumatera.

Opini-opini tersebut memberi penekanan mengenai persoalan species kunci yang selalu dirundung masalah dan kerap mengundang polemik akibat adanya orang yang tak sependapat dengan apa yang diuraikan. Tanpa tendensi apapun, tulisan Azhar memberikan apresiasi serius terhadap apa yang dipercayainya. Unik, dan juga kritis, serta menyuguhkan beberapa solusi pengelolaan.


Tulisan ini merupakan angin segar saat diperlukan penulis kreatif bidang satwa liar di Indonesia untuk memperkaya ilmu konservasi spesies kunci Sumatera. Ini merupakan hal yang penting untuk menginspirasi penulis-penulis muda lainnya untuk terus berkiprah di bidang satwa liar di Indonesia. Penulisan buku tidak mutlak perlu berbasis ilmiah, akan tetapi opini masyarakat dapat dibangun dari tulisan-tulisan popular dari pengalaman pegiat konservasi. Saya mengharapkan buku ini dapat menjadi dasar pemikiran untuk kampanye species kunci di Sumatera.


Bagi saya, buku ini merupakan wujud kepedulian, usaha dalam menyelamatkan species kunci Sumatera yang saat ini keadaan populasinya sangat kritis. Tanpa usaha penyelamatan secara serius kemungkinan akan punah, oleh karena itu, buku ini diharapkan dapat menjadi buah pemikiran dalam menyelamatkan species kunci di alam liar Sumatera.


Beberapa hal yang menjadi keunikan bagi saya antara lain adalah tulisan yang membahas tentang Hiu, Penyu dan burung, buku ini menggugah dan menyenangkan saya sebagai seorang pakar lingkungan untuk membacanya. Namun saya kira lebih dari itu, buku ini juga  merupakan sumbangan yang baik untuk konsumsi publik yang kurang peduli untuk menjadi sadar tentang persoalan satwa liar Indonesia.


Pada akhirnya buku ini juga dapat memberi warna pada pengelolaan species kunci di Aceh juga daerah lain di pulau Sumatera, saya selaku praktisi lingkungan hidup, menyampaikan penghargaan dan terimakasih atas penulisan yang dikemas dalam bentuk saran kritis dan solusi bagi pengelolan spesies kunci yang lebih baik di Sumatera. Semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua.


PROLOG: Adhi Rachmat Hariyadi

Praktisi Konservasi Badak Indonesia,
Konsultan Biodiversity & Natural Resource Management
Hatfield Indonesia - Bogor

| BELI BUKU |

Penulis: Azhar
Penerbit: Pustaka Kutaradja
Layout sampul: Aloel
ISBN: 978-602-95075-2-2

0 komentar:

Posting Komentar